Kamis, 22 Februari 2018

[RIDE SHARING] CURHATAN PENUMPANG #giving extra miles service edition

WAAAAAAAA, udah hari kamis dan belom siap - siap update T_T, yah walau ga ada yang baca atleast buat dibaca dimasa depan seru kali ye.

SINGKAT cerita, minggu kedua beriship ria di RS SILOAM ini, saya mengikuti orientasi pengenalan RS secara keseluruhan, sampe ke VISInya RS siloam salah satunya adalah GEMS, yang sesuai judul giving extra miles service, intinya "keknya" lu bisa ngasih hal yang lebih dari apa yang lu kerjain sekarang. YANG bikin bisa buat ide update tu, di dalam pembahasan tentang GEMS ini, si motivator (>.<) memberikan video tentang seorang driver di salah satu rumah yang bisa mengubah keadaan rumah tanggal "majikannya" menjadi lebih baik, padahal dia hanya seorang driver. YA intinya selain dia bertugas untuk antar jemput orang orang di rumah itu, dia bisa mengubah kondisi keluarga majikannya menjadi lebih baik dengan dia mau "sedikit" lebih cape.

NAH kalau gitu hubungan sama ini apa??. sebenernya bukan GEMSnya si wkwkwkw, tapi lebih ke arah orang sekeluarga itu selalu "curhat" ke drivernya tentang masalah masalah antar mereka (suami, istri, dan anak). YAP, curhat.

SEBENERNYA unik si menurut saya yang seorang driver yang harus mendengarkan curhat penumpang (kasarannya, gw juga punya masalah, kenapa anda harus menceritakan masalah anda kepada saya), itulah yang ada di benak pikiran saya saat penumpang mulai "bercerita" tentang masalahnya. EMANG si, sifat orang tu berbeda beda, dan penumpang saya pun punya sifat yang berbeda beda, ada yang diam sampe tujuan, ada yang full interogasi saya, ada yang curhat.

BEST curhat yang diceritakan ke saya adalah cerita ini. AWAL mulanya notifikasi berbunyi tanda ada orderan masuk >.<, waktu itu kalau ga salah di apartemen sekitar ...... Menteng keknya. Sampai penjemputan naiklah seorang paruh baya (sekitar 60 tahunan). CUS, tujuan di sekitar pasar baru.

AWALnya saat orang ini masuk ke mobil.
 "malam pak, bapak dengan bapak ........ (sensor, padahal lupa namanya, >.<). bapak itu menjawab "hooo, iya iya, saya bapak ......... *sensor". "oke pak, silahkan masuk">>> DIA MASUK DI DEPAN PADAHAL SENDIRI (padahal kalau sendiri saya lebih suka kalau penumpang di belakang "~'~

"sebenrnya saya bukan dia pak, itu boss saya, hebat dia baik banget sama keluarga saya"
"oooo gitu pak," (fyi, kalau orang udah jawab kek gitu, harusnya yang denger sadar bahwa dia not available for chat wwkwkwk)
keluarlah kita dari apartemen itu, dan dia minta berhenti di depan pos satpam
"pak pak, stop sini dulu, saya mau ambil KTP saya, tadi saya suruh ninggalin KTP"
"ooo silahkan pak"
keluarlah dia, sekitar 5 menitan dia balik
"dasar satpam brengsek, dia ga tau siapa saya, saya itu udah kesini sejak mereka belom kerja disitu"
mencoba tetap pasif dengan ga jawab apa apa, dia melanjutkan ~.~
"masak saya tadi waktu datang kesini, saya diinterogassi, bilang mau kemana, urusan apa, sampai saya mau marah, pengen saya ajak berantem saya, maaf maaf nih, gini gini saya dulu jawara pasar baru, maaf maaf, kalau mereka ngeroyok saya pun, saya jamin mereka kalah semua, saya naha diri aja"
"ya pak, namanya juga satpam, mungkin mereka ngerjain SOP mereka aja"(keki juga udah malem narik dari pagi malah ketemu kakek kakek marah marah wkwkwkw(
"ga bisa, mereka itu mentang mentang saya dateng naik ojek, mereka seenaknnya aja ngeremehin saya, padahal si "boss" ini yang punya apartemen ini, dan dia ngundang saya ke apartemennya"
"sabar pak, ga baik marah marah, nanti cuma jadi penyakit >.<"
"iya, si boss tu deket banget sama saya, dia tuh udah nganggap saya bapak sendiri, saya kemana mana diajak, ini saya baru diajak dari bandung. SAYA pernah diajak ke eropa, korea, wah banyak deh,"
"hooooooo" (capek dengeringngya >.<)
"saya tuh udah deket sama si boss semenjak anak saya meninggal"
"anak bapak meninggal?, kenapa pak" (yap, ini adalah kesalahan besar dalam dunia percurhatan wkwk)
" anak saya kena radang otak, udah ke RSCM dan ke SINGAPUR tetep ga sembuh akhirnya meninggal"
"trus emang dulu anak bapak hubungannya apa sama si boss itu" (yak gw jadi tebawa suasana,)
"jadi dulu tuh anak saya pinter banget pak, dia udah pinter dari dia kecil, dia akhirnya lulus ekonomi UI, trus dia gampang banget cari kerja pak, akhirnya dia diatawarin beasiswa dari luar negri buat sekolah S2, tadinya dia nolak, trus saya bilang, kamu tu belajar setinggi tingginya, akhirnya dia sekolah lagi pak, wah, dia pinter banget pak, abis S2 dia langsung dikasih beasiswa kuliah S3, nah abis dia lulus dia kerja sama si boss ini"
"ooo gitu pak" (mulai pasif lagi)
"iya, nah dia tuh pas kerja sama si boss, si boss seneng banget sama kerjanya dia, emang si pak, dia orangnya ulet, pintar, cerdas lagi, dia juga jadi dosen ekonomi di UI, trisakti sama mana tuh, ada universitas ternama di jakarta, wah saya lupa. saya udah bilang ke dia, jangan kerja terlalu keras, eh dia bilang ga kok pak, ini cuma buat iseng iseng aja. wahahahahah, isengnya dia aja sampe jadi dosen hahahah" (panjang nih ceritanya >.<)
"nah abis itu, si boss makin seneng tu sama kerjaannya sampe sampe dia udah jadi tangan kanan si boss ini, dia sering dibawa kunjungan kerja di luar kota, sampe ke luar negri, sayang umurnya ga panjang, dia pertamanya bilang cuma pusing pusing, sampe akhirnya telat pas tau katanya ada infeksi di otak, eh udah berobat ke RSCM sampe singapur ga sembuh akhirnya meninggal"
"innalillahi, hebat ya anak bapak, kasian meninggal muda"
"iya meninggal muda, ini fotonya" (trus dia ngasih liat foto anaknya ~.~)
"sayang pak, padahal baru punya anak (trus dia ngasih liat foto cucunnya ~.~)
"ini pak, ini bukan saya gimana gimana gitu, tapi ini saya ada buktinya, kalau orang baik itu waktu meninggal bercahaya dia pak, waktu itu saya ga percaya kalau anak saya bercahaya, tapi pas saya liat, langsung saya foto pak" (trus dia ngasih foto mayat anaknya yang udah dibungkus kain kafan ~.~)
"ya kan pak bersinar, soalnya tuh anak saya suka ngamalin surat surat (lupa apa aja)"
"iya pak"
"anak muda jaman sekarang tuh udah rusak" (ini berlanjut setelah dia nutup hapenya abis ngasih lihat foto terakhir"
"kenapa pak" (nyes juga cerita masih berlanjut)
"mereka tuh udah melupakan sejarah, makanya mereka jadi generasi yang rusak, coba sekarang bapak tanya ke mereka bagaimana asal mula nama INDONESIA"
(sumpah gw aja ga tau >.<), kemudian dia menjabarkan asal mula nama INDONESIA

tak terasa (kerasa banget si sebenrnya wkwk) udah sampe,
"nah sini aja pak, nanti saya jalan kaki saja, dari sini, kasian bapak kalau maju lagi"
"okey pak, sudah pake kartu kredit ya pak"
"ini pak untuk tip, makasih banyak (ngasih 20 rebu wwkwkwk)"
"waaa makasih banyak pak,"

DISINI saya berpikir bahwa sebenernya dengan mendengarkan dan memerhatikan apa yang mereka ingin curahkan, itu udah bisa jadi pelayan lebih kita >.<. ya walau udah seharian narik, seenggaknya dengan tidak menampakkan kelelahan kita, tidak curhat tentang apa yang terjadi ke pelanggan, dan tetap maksimal dalam memberi pelayanan, pasti akan ada hasil yang lebih baik wkwkwk.
jadi ingat GEMS, giving extra miles service ^_^,
*sebenernya cerita diatas lebih panjang, berhubung udah hampir ganti hari dengan terpaksa saya sudahi wkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar