Minggu, 02 Januari 2011

sistem kenaikan pangkat penerbang

dikutip dari sebuat thread di www.indoflyer.net tentang hal itu,
seorang bertanya dalam forum
"Setelah beberapa hari ini disuguhi gambar gambar Oom Houmpahpah dengan bar dipundaknya yang ternyata telah bertambah satu. Boleh nggak diceritain proses bertambah nya bar itu gimana ? apa syarat syaratnya ? Okelah kalo bar 1 itu new grad, tapi ada persyaratan lain nggak ?

Aswin"

yakin jawaban ini benar kerana seorang lagi berkata
"..Yaaah...baru mau jawab......dah keduluan Gercey......sama persis lagi !"
  ini jawabannya


"Naik pangkat ? Tergantung jam, airline dan negara...

Kalo yg gw sering denger sih di airline domestik yang mainly single type...

Initial = 1 bar (Second Officer/Junior First Officer) (Mesti terbang dengan Captain yg jam di tipenya dah tinggi)
Setelah initial period lewat (6 bulan dech kalo nggak salah)... bar 2 (First Officer)
Setelah si F/O ngambil ATPL = 3 Bar = Senior first officer.
Setelah Command rating lulus = 4 Bar = Captain... (selama initial period Captaincy, nggak boleh terbang sama Junior First Officer)

Kalo dengan sistim Inggris, untuk bawa jet kalo nggak salah udah harus ATPL...

Cathay:
Lulus = 1 Bar = Second Officer (relief pilot Long Haul, 744. Not authorized to be at the controls of an aircraft exceeding 15 tons (???) below 18,000ft)

Setelah lulus, ambil type rating pilihan. Stay di 744, pindah ke A330 atau pindah ke 777.

Kalau stay di 744 atau pindah ke 777, naik jadi bar 2 = Junior First Officer. Harus terbang dengan Captain yg jamnya tipenya tinggi.

Setelah lewat lupa berapa jam terbang di tipe itu, naik jadi 2.5 bar (Yes ! 2 bar biasa, sama satu strip kecil diantara kedua barnya).

Kalau pindah ke Airbus... 2 bar A330 dulu... kalo jam A330nya cukup, boleh nambah A340, plus sisanya sama untuk dapet 2.5 bar.

Setelah itu, baik bar aja dech, sambil pindah2 tipe kalo mau... cuman kalau sering2 pindah tipe, naik ke Captaincynya lama. Gitu aja sih...

Kalo di Inggris, yang long haul mulainya 2 bar... Terbang short sectors dulu pake tipenya untuk 2 crew, atau 3 crew (harus 1 Captain, 1 SF/O, 1 F/O, nggak boleh 1 Captain dgn 2 F/O, dan nggak boleh 2 Captain 1 F/O). untuk long haul... Abis itu baru dikasih 2 crew medium haul... Sampe naik 3 bar... terus nunggu captaincy. Untuk jadi S/FO di UK bisa mesti lewat 10,000 jam! Lama bok!

Kalo MH biasanya:

1. S/O F50, F/O F50, Ganti tipe sampai SF/O, SF/O di widebody, baru Captaincy F50, dan boleh pindah ke tipe lain as Captain (Pake jet transition period lagi).
2. S/O F50/737, F/O 737, F/O 1 tipe widebody, SF/O 737 or same type widebody, Captain 737, baru upgrade type as captain lg.

COntoh temen gw:
A. S/O F50, F/O 737, F/O 777, F/O 744, SF/O 777, Capt 737, Capt 777
B. S/O 737, F/O 737, F/O A330, F/O 777, SF/O 777, Capt 737, Capt A330
C. S/O F50, F/O 737, F/O 744, SF/O 744, skrg dah register nunggu jatah buat Capt 737 sebelum balik jd Capt. 744

Gerry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar